Saturday 31 March 2012

H-16

16 hari lagi aku UAN. Di Indonesia, tiap akhir sekolah anak" nya harus ikut UAN biar bisa lulus dengan kriteria nilai yg udah di tentuin. Klo ada 1 nilai yg gak sesuai sama kriteria nya, tuh anak gak lulus. Misal nya nilai minimal kelulusan per mapel nya 3,00 n NA (Nilai Akhir) nya harus 5,00. Dari 6 mapel itu, ada 1 mapel yg nilai nya di bawah 3,00 maka anak itu gak lulus. Ada juga yg nilai per mapel nya di atas 3,00 semua tapi NA nya di bawah 5,00 anak itu tetep gak lulus. Jadi, semua nya harus imbang. Itu berat bagi tiap anak soal nya gak tiap anak suka sama 6 mapel itu. Contoh nya aku. Aku gak suka MTK tapi mau gak mau harus suka, paling gak buat 16 hari ke depan. Mau gak mau juga aku harus belajar MTK demi kelulusan, ra ketang pake cara tepis, nunggu cahaya dari surga, dll. Untung nya aku masuk IPS, beban nya gak terlalu banyak. Itung"an nya cuma MTK n ekonomi-akuntansi. Banyak yg bilang MTK tuh gampang tapi buat ku susah. Banyak yg bilang geografi tuh susah tapi menurut ku yaa gak susah" amat. Hoo, piye? Yah, tiap orang emang punya kemampuan beda". Ada yg cenderung eksak, ada yg teori. Aku sendiri malah bingung cenderung yg mana karena aku mood"an belajar nya, terutama itung"an. Banyak orang suka eksak soal nya itu ilmu pasti, beda sama teori. Klo teori itu masih bisa pendapat nya sendiri, apalagi sosiologi. Beda sama sejarah, itu jelas ilmu pasti wong jelas"an ada tanggal taun bulan nya. Salah tanggal yaa salah. Tadi aku nengok temen ku, dia sakit gara" kecapekan belajar. Aku cerita ke mama ku, komentar nya ---> 'salahe kakean sinau, sinau ki sing santai wae'. Batin ku ---> 'ya ampun, ini emak ngasih saran / apa'. Yah, aku termasuk orang yg beruntung punya ortu yg gak nuntut ini itu. Buat ortu ku, terutama emak, yg penting aku lulus n masuk universitas yg ku suka, sukses. Amin :)

No comments: